Senin, 27 Maret 2017

The First Family Project

Game Level#3: My Family My Team

Sabtu,26/3/2017. Sudah kami rencanakan sebelumnya bahwa hari ini kami akan membuat project bersama. Tak disangka hujan deras mengguyur jakarta di pagi hari. Akhirnya sambil menunggu hujan reda, kami melakukan aktivitas harian biasa. Saya memasak dan menyapu, Suami mencuci. Kira-kira pukul setengah 11 hujan reda. Kami bersiap memulai project kami.

Nama Project: Gawangan Baju Portabel
Personil:
Ayah (Kapten Bibul) sebagai penanggung jawab project
Bunda (Sersan Nyonyon) sebagai asisten
Gagasan:
Beberapa minggu ini penjualan Afrakids sersan sepi karena hanya mengandalkan jualan online. Suatu saat kapten bibul dan sersan berjalan-jalan dan melihat ada spanduk seminar parenting yang terpampang di halaman sebuah sekolah swasta di Jakarta. Tiba-tiba terlintas ide dari sersan untuk mencatat kontak person panitia yang tertulis karena sersan sudah lama sekali sebetulnya untuk ikut bazar tapi kurang informasi dan bantuan personil. Setelah beberapa hari menghubungi panitia seminar, akhirnya pihak panitia meng-ACC juga produk afrakids untuk mengisi salah satu stand bazar mereka. Kebingungan sersan timbul ketika belum memiliki cukup alat tempur untuk bazar. Akhirnya diputuskan lah untuk membuat project ini.
Waktu Pelaksanaan: 
Sabtu, 25 Maret 2017 pukul 11.00-12.00 WIB
Teknis Pelaksanaan:
memilih bahan. Pilihan bahan dipasrahkan kapten pada sersan. Sersan memilih pipa PVC karna ringan, mudah didapat, murah, dan bisa dibongkar pasang.
melihat tutorial. Karna kami bukan orang yg terbiasa ngulik dengan perkakas, maka kami mencari tutorial membuat gawangan baju dari pipa PVC. PJ Browsing: Kapten Bibul.
Membeli bahan. Untuk tugas membeli bahan, kami berkolaborasi. Saya bagian mencatat apa saja yang dibutuhkan dan budgetting. Saya anggarkan Rp 200.000,00 untuk belanja kebutuhan ini. Dana diambil dari operasional Afrakids.  Kemudian kami berdua bersama menuju toko besi terdekat. Alhamdulillah, cukup berjalan kaki saja. Nah, tugas suami membeli bahan dan memastikan kembali barang yang dibeli sudah komplit. Kemudian kami berdua bergotong royong mengangkat pipa yang lumayan panjang dari toko besi hingga rumah.
Adapun bahan-bahan yg diperlukan adalah sebagai berikut:
Pipa pvc 1 inch (diameter 4m), knee 4 buah, T 4buah, gergaji pipa, meteran.
Cara pembuatan:
Potong pipa PVC 90 cm (2 buah)
Potong pipa PVC 70 cm (2 buah)
Potong pipa PVC 15 cm (4 buah)
Potong pipa PVC 7 cm (2 buah)

Gbr1. Pipa PVC 1 inch yg sudah dipotong

Rakit mulai dari bawah, menggunakan pipa PVC 7 cm. Tutorial bisa dilihat di: https://youtu.be/Qg8D5xJOuNE

Daan... Seperti inilah penampakan hasil kerjasama kami 😊

Gbr2. Gawangan baju portable

#TantanganHari4
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBundSayIIP

Tidak ada komentar: