Selasa, 07 Maret 2017

:: I CAN DO IT..!! BY MYSELF ::


LEVEL#2 : MELATIH KEMANDIRIAN Days 9

Tantangan hari ke 9 melatih kemandirian kali ini saya manfaatkan untuk melatih diri saya sendiri mendirikan motor dengan dua standart dan men-starter menggunakan kaki. Sebelum tantangan ini dimulai pernah mencoba dan berhasil, namun jika ada suami, saya lebih senang untuk meminta tolong kepadanya.hehe. Bisa karna terbiasa. Jika tak mau membiasakan akhirnya jadi tak terbiasa lagi. Hal ini yang menimpa saya. Kenapa saya kekeuh ingin bisa melakukan 2 hal ini?

Pernah membaca manual book perawatan motor di buku service motor yang anda beli? saya membaca itu. Tahun 2011 saya dibelikan bapak motor matic karna "dianggap gagal" mengendarai motor manual. Sebelumnya saya belajar motor manual dan tak pernah mulus saat mengganti gigi 1 ke 2, atau mundur dari 3 ke 1. Karna (mungkin), bapak sudah tua dan capek mengantar anaknya kemana-mana, alhasil saya dibelikan motor matic yang notabene tak pernah belajar motor matic sebelumnya. Alhamdulillah, percobaan pertama saya dengan motor matic langsung saya lakukan di jalan raya. Perjalanan dari rumah menuju kampus yang berjarak 6 km lebih. Prinsip utamanya adalah jangan ngebut, ngerem dengan 2 rem tangan, dan jangan nyalip kendaraan besar seperti truk dan bis.hehe.

Trus, apa hubungannya dengan manual book? Nah. di manual book yang saya baca, cara perawatan motor matic salah satunya adalah dengan rajin memanaskan motor sebelum digunakan. Saat masih tinggal bersama orang tua, bapak yang setiap hari rajin memanaskan motor bahkan mencucinya. Ternyata memanaskan motor matic merk "b*at" dengan seri seperti milik saya adalah harus dengan mendirikannya dengan 2 kaki dan starter kaki untuk awal pertama sebelum digunakan. Jika motor tidak di berdirikan dengan 2 kaki, maka ia tak dapat di starter. Yasudahlah.. karna berat sekali bagi saya (saat itu) untuk melakukan keduanya, toh bapak sudah rajin melakukan setiap hari, jadi saya tidak pernah mencoba.

Nah, setelah menikah ini....ternyata ketauan, suami bukan tipe perawat motor seperti lelaki kebanyakan. Jarang memanaskan motor, apalagi mencuci motor sendiri. Waktu itu, saya hendak kirim paket afrakids ke reseller saya, tiba-tiba motor tidak mau nyala distarter tangan. Waduh, gimana inii...padahal paket harus dikirim ke jasa ekspedisi saat itu juga. Untung ada tetangga. Oleh tetangga, motor saya di starter kaki dan alhamdulillah mau nyala. Berawal dari kisah itulah, saya bertekad untuk bisa mendirikan motor dengan 2 kaki dan menstarter nya.

Tantangan 1 saya kali ini, BERHASIL..!! Saya mampu mendirikan motor dengan 2 kaki meskipun "masih kasar" dan miring kemana-mana. Tantangan berikutnya adalah menstarter motor menggunakan kaki. Biasanya cukup 1 kali hentakan saja di kaki para lelaki (tsahhh). Daaannnnn....di tangan saya butuh..... 20 kali lebih hentakan baru motor mau nyala.Hadeehhh. Hampir menyerah di hentakan ke berapa entahlah. Mengatur nafas sekejap lalu mencoba lagi. Bukan saya namanya kalau menyerah,hehe. Alhamdulillah...2 tantangan berhasil dalam satu waktu. Suami saya kaget waktu akan berangkat, melihat motor sudah berdiri tegak dan dipanaskan.heheh.

#Level2
#KuliahBundSayIIP
#MelatihKemandirian

Tidak ada komentar: