Minggu, 18 Maret 2018

Menemukan bakat dan peran diri

Akhirnya masuk juga di materi 1 ruang berkarya ibu (RBI) Ibu Profesional. Pada tugas materi 1 ini, kami diminta untuk mengidentifikasi 7 bakat dominan berdasarkan 34 temabakat dan 6 peran dominan dari hasil tes ST30. Fyi, ST30 itu semacam tes bakat yg dibuat oleh Abah Rama Royani. Beliau lama berkecimpung di dunia pendidikan dan parenting.

7 bakat dominan berdasarkan 34 tema bakat.
1. Striving: dicipline, consistency, responsibilities
2. Thinking: learner, intelections
3. Relating: harmony, connectedness

Sedangkan 6 peran dominan berdasarkan tes ST30, saya sedikit kebingungan mengidentifikasikan diri saya. Dari 6 peran, saya hanya bisa menyebutkan 4 sbb:
1. Caretaker
2. Evaluator
3. Server
4. Strategists
Pilihan ini berbeda dgn pilihan suami yg menilai saya sbb:
1. Administrator
2. Caretaker
3. Communicator
4. Distributor
5. Educator
6. Motivator

Dari perbandingan 3 data di atas, yg saya rasakan adalah hasil bakat dan peran dominan yg saya (rasa) miliki lebih bersumber dari sebab pola asuh dan pengalaman masa lampau. Misalnya, pada aspek caretaker. Jiwa caretaker ini mirip dgn yg dimiliki eyang saya (berdasarkan pendapat orang2 yg mengenal eyang). Bisa jadi, ini seperti pengasuhan yg terpola. Karena orangtua di didik oleh orangtua yg caretaker, otomatis orangtua mengasuh saya dgn pola yg sama. Begitu juga dgn aspek harmony dan connectedness.

Sedangkan aspek dicipline, learner, consistence, intellections, educator, distributor, dll bisa jadi dipengaruhi karena pengalaman saya (pernah) menjadi guru TK dan distributor kaos anak muslim.

Pada intinya, saya belum (benar-benar) menemukan bakat yg "saya banget". Yang dengannya saya enjoy, easy, excellent, dan earn saat melakukannya karena selama ini saya berusaha mencintai pekerjaan saya saja.

#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateri1
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

Tidak ada komentar: