Sabtu, 24 Maret 2018

Memahami Kombinasi Bakat Diri beserta Ruang yg Dibutuhkan

Masuk juga ke materi ke 2 Ruang Berkarya Ibu. Pada tugas kedua ini, kami diminta untuk mengambil ruang bagi 13 peran dan potensi bakat yg kita pilih pada materi ke
1. Berikut rencana peran dan praktek untuk penguatan ke 13 aspek tsb:

1.Striving: dicipline, consistency, responsibilities. Untuk ketiga aspek ini, saya hendak menjadikannya ke dalam satu ruang. Yaitu, mendisiplinkan diri agar setiap waktu berisi kegiatan yg bermanfaat dan produktif. Kekonsistenan dan tanggungjawab dibutuhkan pula dlm hal ini. Langkah yg saya lakukan pertama, membuat time management untuk mengeksplor diri, mengurus rumah tangga, ibadah (disipilin). Membuat reward and punishment untuk diri saya sendiri  agar lebih konsisten dalam pelaksanaannya (konsisten) dan  mempertanggungjawabkan perbuatan saya kepada diri sendiri, suami, lebih utama kepada Tuhan (responsibility).

2. Thinking: learner, intelections.
Terinspirasi dari sharing salah satu member rumbel sew & craft yg menghias toples menjadi cantik, saya berencana memanfaatkan toples bekas madu dan sisa bahan decoupage tas pandan (saat mengikuti WS decoupage) dulu untuk disulap menjadi toples cantik decoupage. Ini merupakan hal baru bagi saya; belajar decoupage dgn media kaca (learner). Tentu saja, di dalam proses belajar ini tak lepas dari proses olah pikir bagaimana mengolah bahan bekas menjadi bermanfaat dan cantik dipandang (intellections)

3. Relating: harmony, connectedness
Saya akan berusaha mengungkapkan pendapat saya apabila merasa tdk cocok dgn seseorang tanpa harus menyakiti perasaan orang tsb (bisa saya mulai di keluarga atau komunitas yg saya ikuti), saya akan berusaha melapangkan segala hal, memaafkan orang-orang tsb, mendoakan mereka karna saya percaya Tuhan selalu bersama orang2 baik & tidak ada doa yg tak dikabulkan.

Sedangkan 6 peran dominan berdasarkan tes ST30, saya menambahkan dari 4 aspek yg saya pilih + 2 aspek yg dipilih suami (yg menurut saya sesuai dgn diri)
1. Caretaker
Kebetulan suami pasca operasi, jadi saya akan merawat dia sampai kondisi nya pulih seperti sedia kala, mengambil alih tugas2 beliau yg masih berat untuk dikerjakan, dan membuat menu sehat untuk beliau. Tidak malas2 an lagi mengerjakan pekerjaan rumah. Menjadi ibu favorit bagi suami dan anak-anak (nantinya), mengerjakan segala pekerjaan dgn ikhlas. Meyakinkan diri bahwa barangsiapa bersungguh2 di dalam, ia akan keluar dgn kesungguhan itu.
2. Server
Kebetulan saya bertugas sebagai admin IG Ibu Profesional Jakarta, dimana saya melayani segala pertanyaan yg masuk dgn jawaban memuaskan dan tentunya ramah. Kegiatan kerumahtanggaan saya jg merupakan bentuk server saya kepada suami. Maka, saya akan buat jadwal atau kandang waktu untuk hal ini. 
4. Strategists dan evaluator
Saya akan merancang sebuah program maintenance reseller yg saya bina di usaha bisnis saya, membuat tujuan/plan yg jelas agar kami mampu tumbuh bersama (peran server juga dibutuhkan disini). Setelah itu akan saya evaluasi program tsb sejauh mana perkembangan nya
5. Administrator
Membuat jadwal/kandang waktu untuk aktivitas disiplin dan server. Menginput dan mengelompokkan marketingtools untuk bahan jualan olshop yg saya kelola, mengumpulkan materi-materi perkuliahan di IIP & RBI, kebiasaan mencatat resep sebelum memasak

#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateri2
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

Tidak ada komentar: