Sabtu, 15 September 2012

5 ciri perusahaan yang ramah

5 ciri perusahaan yang ramah bisa dilihat sebelum anda mulai bekerja di sana dengan melihat lingkungan yang berada di sekitarnya. 5 ciri perusahaan yang ramah terhadap para karyawannya akan sangat membantu kinerja mereka. Karena para karyawan yang merasa nyaman dengan peraturan perusahaannya secara otomatis kinerjanya akan meningkat dan menguntungkan kedua belah pihak. Ada beberapa perusahaan yang mempunyai kebijakan yang sangat merugikan karyawan dan perusahaan semacam inilah yang mematikan kreatifitas karyawan.

Ciri pertama yang bisa anda lihat untuk menilai perusahaan anda adalah karyawan direkrut berdasarkan keberagaman dan dibina sejak awal. Banyak perusahaan yang melakukan pendekatan reaksioner untuk menghadapi isu-isu tertentu. Namun perusahaan yang baik dan ramah terhadap karyawannya akan memberikan pelatihan untuk setiap karyawan untuk menularkan sikap suportif. Selain itu juga menerima karyawan lain dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Perilaku karyawan akan digodok sejak awal sehingga mengurangi keluhan di kemudian hari.

5 ciri perusahaan yang ramah yang ke dua adalah setiap karyawan berprestasi diberi kesempatan menduduki jabatan penting. Di perusahaan tersebut, karyawan perempuan dan laki-laki diperlakukan sama dan memperoleh hak yang sama pula. Misalnya jika ada karyawati yang berprestasi, maka karyawati tersebut juga bisa menempati posisi yang lebih tinggi walaupun dia seorang perempuan. Jadi, di dalam perusahaan tersebut tidak ada diskriminasi antara laki-laki dan perempuan.

Ciri ke tiga adalah kebijakan yang dibuat mencerminkan nilai-nilai perempuan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa perusahaan yang mayoritas jajaran top-level diisi oleh perempuan akan menciptakan lingkungan lebih baik bagi karyawan perempuan, dan begitu pula sebaliknya. Namun, tidak menutup kemungkinan juga pada kebijakan yang diberlakukan di dalamnya. Jika atasan anda tidak menganut nilai-nilai yang menyertainya dan tidak bersedia mengakui kebutuhan individu berarti konsep kesejahteraan karyawan hanya sekedar wacana.

5 ciri perusahaan yang ramah yang ke empat adalah karyawan diberikan jam kerja yang fleksibel. Misalnya, jika karyawan perempuan lebih sering meminta ijin setengah hari karena anaknya sedang sakit. Hal tersebut tidak boleh dianggap sebagai pilih kasih maupun memandang miring kenyataan ini. Seorang perempuan yang masih memperhatikan keluarganya juga bisa dikatakan sebagai seorang yang bertanggung jawab. Untuk itulah, yang dimaksud dengan jam kerja fleksibel adalah bekerja dalam jumlah waktu yang sama dan mengerjakan tugasnya dengan tuntas.

Ciri yang ke lima adalah program dan fasilitasnya. Kebijakan perusahaan mengenai fasilitas apa yang mereka sediakan akan mencerminkan nilai-nilai mereka. Bila tidak ada benefit atau fasilitas yang ditawarkan, anda secara otomatis langsung tahu dan faham bagaimana perusahaan tersebut menghargai karyawannya. Misalnya, promosi jenjang karir, bonus, dan lain sebagainya. Jika anda melihat ke lima ciri tersebut ada pada perusahaan anda atau pada perusahaan yang anda lamar, berarti anda sudah tepat dalam menentukan pilihan. Tetapi jika kenyataannya anda tidak merasakan benefit tersebut di perusahaan tempat anda bekerja sekarang, sebaiknya anda tidak berdiam diri. Anda harus berusaha mencari perusahaan lain yang lebih baik dari sekarang. Mungkin sebagian orang akan menganggap anda terlalu pilih-pilih pekerjaan, tetapi yang merasakan semuanya adalah anda. Jadi, anda tidak perlu terpengaruh omongan di luar karena kesuksesan anda harus anda capai sendiri. Terkadang seseorang akan lebih memilih jalur aman sebagai karirnya, yaitu tetap bertahan di perusahaan yang sekarang walaupun kualitasnya buruk daripada meninggalkan zona aman dan mengejar yang terbaik. Di sinilah anda harus mulai berpikiran berani. Jika sekarang anda berada di zona aman tetapi tidak mendukung kebahagiaan dan kenyamanan anda, sebaiknya tinggalkan zona aman anda dan mulai cari sesuatu yang lebih baik. Walaupun tidak mudah, tetapi anda harus tetap berusaha keras.


dikutip dari http://infoduit.com/5-ciri-perusahaan-yang-ramah

Tidak ada komentar: